Kenapa Harddisk utama komputer selalu memiliki nama C?

Baik komputer desktop maupun laptop pasti di dalamnya terdapat beberapa partisi memori penyimpanan yang tersedia, anda mungkin sudah terbiasa melihat sejumlah partisi tersebut yang sebenarnya berasal dari satu atau dua memori penyimpanan harddisk di dalam perangkat tersebut. namun pernah kah anda bertanya – Tanya Kenapa Harddisk utama komputer selalu memiliki nama C? kenapa tidak huruf lainnya saja, misalnya seperti A sebagaimana merupakan abjad pertama dalam alphabet atau huruf lainnya?

Perlu diketahui bahwa jauh sebelum tekonologi komputerisasi sudah secanggih seperti sekarang ini, ide untuk memberikan huruf pada system operasi itu pertama kali tercipta oleh IBM sebagai salah satu perusahaan pengembang teknologi terkemuka di tahun 1960an. Mereka awalnya menggunakan huruf abjad hanya sebagai penanda logical drive saja yang ada dalam system mereka seperti misalnya kode CP/CMS atau CP-40, namun kemudian kode tersebut mulai digunakan untuk membedakan piranti physical storega di sana dengan kode CP/M.

Lalu di tahun 80an IBM menjalin kesepakatan dengan Microsoft kala itu yang menghasilkan kloningan CP/M IBM yang diberi nama dengan sebutan 86-DOS, kloningan inilah yang kemudian mulai banyak diadopsi pada perangkat PC baru IBM dengan nama baru yakni MS DOS atau PC DOS yang telah mengalami pengembangan lebih lanjut.

Di sisi lain, PC juga mulai menggunakan disket floppy sebagai alternative pemindahan data yang diberi label sebagai drive A dalam MS-DOS, sementara pada beberapa PC yang telah dibekali dengan 2 buah drive disket floppy mendapat label drive B. ukuran disket floppy yang sebelumnya adalah lima seperempat inch itupun mulai diubah menjadi 3.5 inch yang menegaskan bahwa penamaan label drive A dan B sudah tak bisa dirubah lagi, hal itu diterapkan juga pada banyak system.

READ MORE  Ini Dia Daftar Tipe HP yang Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp

Kemudian memasuki tahun 80an mulailah harddisk diperkenalkan sebagai sebuah piranti standar penyimpanan di PC dan mengingat sebelumnya sudah ada dua huruf yang telah digunakan pada memori penyimpanan drive A dan B untuk disket floppy, maka untuk mempermudahnya diberikanlah label drive C sebagai nama dari piranti penyimpanan di dalam PC. Untuk informasi mengenai komputer lainnya serta update informasi teknologi lainnya, kalian bisa cari tahu di metroandalas.co.id.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *